Langkah-Langkah Membuat Laporan Tahunan.
Laporan tahunan berisi sekitar 20 sheet, yang mana pada sheet pertama DATA berisi tabel laporan, pada sheet ke-2 sampai sheet 20 berisi tabel dan grafik tiap bulan, triwulan, semester dan tahunan.
Berikut saya akan membuat langkah laporan tahunan.
- Buka MS. Excel 2007
- Tambah Sheet
- klik kanan pada sheet pertama
- pilih insert
- klik word sheet
- OK
- Memberi Nama Sheet
- klik kanan pada sheet
- rename
- Ketik nama yang kamu inginkan
- enter
- Memberi Warna Tab Sheet
- klik kanan sheet
- tab color
- pilih warna
- OK
- Memanggil Nama Sel
Contohnya :
Bulan Januari,,pada name box nya tertulis D10 maka klik name box tsb lalu isi dgn nama yang diinginkan ex: JAN. Maka untuk selanjutnya jika kamu ingin membuat Januari cukup buat “&JAN&” lalu enter maka di sel tersebut akan terbuat Januari secara otomatis
- Memberi Comment/ Penjelasan Pada Sel
- Klik kanan sel yang ingin diberi keterangan
- Insert koment tulis koment
- Atur format koment sesuai selera
- Pindah ke sel lain secara otomatis comen akan tersimpan dan tampil setiap anda membuka sel
- Formula yang digunakan
SUM dan AVERAGE
- Ketik =
- Masukan formula : sum (jumlah), average (rata2) dll sesuai keinginan
- Buka kurung klik sel pertama,(sel kedua) yang ingin di jumlahkan tutup kurung Ex : =sum(A5,(B3))
- Enter
- untuk menjumlah sel yang memiliki rentang atau berdekatan spt B1,B2,B3,B4
· blok sel
· Cari menu sum pada formula, auto sum hasil akan tertulis di bawah atau samping sel yang di blok
· Enter - bisa juga =sum(B1:B4) bgitu jga untuk average
Logika If
Dingunakan untuk memberi syarat pada perintah dengan menggunakan pembanding:
= sama dengan
> besar dari
>= besar atau sama dari
contoh =IF(I7<I$18,”BINA”,”-“)
bila data pada I7 kecil dri I18 maka bina,bila tidak –
ket:
$ digunakan bila pada saat menggunakan auto fill I18 tetap dipakai tidak berubah menjadi I19
Atau bisa juga diganti dengan memanggil nama sel conth tdsjan
- Judul laporan
Jika terdapat kata dari data sebelumnya kita dapat langsung memanggil selnya saja.
Untuk judul rumus yang digunakan :
=JUDUL&” PUSKESMAS “&PKM&” “&kab&” BULAN “&JAN&” THN “&tahun
- Catatan
Catatan tentang berapa puskesmas yang harus dibina.
Gunakan rumus :
=”Catatan:Pada bulan “&JAN&” ini jumlah posyandu yang perlu dibina D/Snya adalah “&COUNTIF(K7:K16,”Bina”)&” posyandu dan N/S sebanyak “&COUNTIF(L7:L16,”Bina”)&” posyandu”
- MEMBUAT GRAFIK..
· blok sel yang dinginkan, insert chart atau klik icon wizart chart
· pilih grafik yang diinginkan pada chart type
· atur grafik klik kanan grafik atau sesuai format yang didinginkan.,,
MENYALIN ATAU DATA SEL
· Blok sel klik kanan copy u/ menyalin, dan cut u/ memindahkan
· Sorot lokasi tempat hasil yang diinginkan
· Klik kanan paste or ctrl+v
Catt:
Bila semua sel pada sheet klik kanan pada tanda yang berada antara penunjuk sel colom dan baris..dan lakukan sesuai langkah di atas salin pada shet yang dipilih
- MEMBERI PROTECT
· Format,protect sel
· Contreng sesuai bagian yang ingin d protect
· Masukan password
· Klik ok
· Menghilangkan protect klik unprotect dan masukan password - LOCK SEL
· Biar formula pada table gak bisa di rubah
· Format sel, contreng lock
· Klik Ok
Untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh laporan tahuanan saya disini
atau silahkan anda lihat di blog saya yang lain (klik)